Informasi

Wujudkan Pelayanan Prima, Disdukcapil Kabupaten Mimika Gelar FKP

Timika, Antarpapua.com – Dalam rangka mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) prima di Kabupaten Mimika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) di Hotel Horison Ultima, Mimika, Papua Tengah, Jum’at (14/7/2023).

FKP ini diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan lintas sektor di Kabupaten Mimika, yang dibuka secara resmi oleh Penjabat (PJ) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, SIP MSi.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo dalam sambutannya menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menampung masukan maupun kritik yang bersifat membangun, untuk mewujudkan pelayanan prima bagi setiap masyarakat, juga untuk optimalisasi pelayanan Adminduk kepada masyarakat agar terjadi peningkatan pelayanan dengan prosedur yang mudah, cepat, berkualitas dan akurat.

Ia menyatakan, saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Mimika berjumlah 312.387 jiwa yang tersebar di 18 distrik, 19 kelurahan dan 133 kampung. Namun, kata Slamet, secara kepadatan terkonsentrasi di wilayah pusat kota Kabupaten Mimika.

“Saudara-saudara kita yang ada di gunung dan pesisir memang speed-nya sangat jauh, kondisi geografisnya sangat sulit sehingga memang butuh keseriusan kita untuk menghadirkan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” kata Kadisdukcapil.

Kemudian, Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito menegaskan, berangkat dari pengalaman yang pernah ia amati, data kependudukan adalah hal yang paling utama dari setiap sektor, dimana apabila sesuatu dimulai dengan database kependudukan yang tidak akurat, maka akan ada orang yang merasa dirugikan dan tidak dilayani.

Pj Bupati bilang, pemerintah Kabupaten Mimika memberikan apresiasi kepada Disdukcapil dengan berbagai inovasi dan program baru yang dikeluarkan dan dikembangkan, sehingga banyak memberikan manfaat yang dirasakan masyarakat saat ini dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan.

“Saya berharap untuk semua yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat berkontribusi memberikan saran dan masukkan, yang nantinya pada forum konsultasi ini menjadi bahan evaluasi bagi Disdukcapil untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan, agar lebih baik tentunya ke depan,” pungkasnya.

Sumber : https://antarpapua.com/wujudkan-pelayanan-prima-disdukcapil-kabupaten-mimika-gelar-fkp/

 

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?

  • Sangat Bermanfaat
  • Cukup Bermanfaat
  • Bermanfaat
  • Kurang Bermanfaat

Seberapa puas Anda terhadap kinerja layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Mimika?