Pembangunan

Raih Aktivasi IKD Tertinggi, 13 Dinas Dukcapil Raih Dukcapil Prima Award

Batam - Dinas Dukcapil dengan kinerja tinggi berkesempatan meraih penghargaan prestisius dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Anugerah bergengsi tersebut adalah Dukcapil Prima Award, yakni penghargaan sebagai wujud apresiasi Ditjen Dukcapil Kemendagri atas kinerja terbaik dan kerja keras jajaran Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota. 

Capaian kinerja dan prestasi tertinggi diukur melalui kriteria yang sudah ditetapkan panitia, dan diberikan pada acara Rakornas Dukcapil yang digelar dua kali saban tahun.

Misalnya, Panitia Rakornas Dukcapil 2024 di Batam memberikan anugerah tersebut kepada 13 Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota dengan kategori Dukcapil Prima Award bagi Disdukcapil dengan jumlah aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tertinggi. Kategori tersebut terbagi dalam tiga wilayah, yakni Wilayah Indonesia Barat, Wilayah Indonesia Tengah, dan Wilayah Indonesia Timur.

Selengkapnya untuk wilayah barat, Dukcapil Prima Award untuk tingkat provinsi diberikan Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Jatim. 

Untuk tingkat kabupaten, Disdukcapil yang beruntung adalah Dinas Dukcapil Kabupaten Temanggung. Dan menyusul untuk level kotamadya, Dukcapil Prima Award jatuh kepada Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur.

Selanjutnya wilayah Indonesia Tengah, Dinas Dukcapil yang beruntung untuk level provinsi adalah Disdukcapil Provinsi Sulawesi Selatan. Di level kabupaten, Dukcapil Prima Award diraih Disdukcapil Kabupaten Buleleng, dan Disdukcapil Kota Makassar untuk level kotamadya.

Di wilayah ujung Timur Indonesia, ternyata kinerja aktivasi IKD juga dinilai luar biasa. Dukcapil Prima Award level provinsi diraih Dinas Sosial Kependudukan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua.

Untuk level kabupaten, Dukcapil Prima Award jatuh ke tangan Disdukcapil Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, dan Kota Jayapura keluar sebagai jawara di level kotamadya.

Masih ada Dukcapil Prima Award kategori Khusus yang diberikan kepada Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta; Kadis Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Kadis Dukcapil Kota Ambon dan Kadis Dukcapil Kota Batam. 

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian didampingi Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil Se-lndonesia, di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (27/2/2024) malam.

Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya berpesan agar Dinas Dukcapil harus terus berusaha mendorong kinerja layanan publik semakin baik, berinovasi dan hal-hal yang sudah baik seperti integritas. 

"Sistem dan kompetensi harus terus ditingkatkan. Akurasi dan validitas data kependudukan sangatlah penting karena digunakan untuk perencanaan pembangunan, pelayanan publik, penyaluran bansos, sukseskan pemilu dan sebagainya,” kata Tito. 

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menambahkan, anugerah Dukcapil Prima Award kali ini diberikan bagi Dinas Dukcapi dengan raihan aktivasi IKD tertinggi. "Diharapkan ini memicu Dinas Dukcapil lainnya untuk mampu mengejar target nasional dengan melakukan crash programme agar tercapai target 30% aktivasi IKD dari wajib  KTP-el." Dukcapil***

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/blog/read/raih-aktivasi-ikd-tertinggi-13-dinas-dukcapil-raih-dukcapil-prima-award

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?

  • Sangat Bermanfaat
  • Cukup Bermanfaat
  • Bermanfaat
  • Kurang Bermanfaat

Seberapa puas Anda terhadap kinerja layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Mimika?