Informasi

Gunakan Jaringan Starlink, Disdukcapil Mimika Lakukan Pelayanan Adminduk di Fanamo dan Omawita

inas Dukcapil Kabupaten Mimika terus melakukan pelayanan maksimal dengan mendatangi langsung warga Mimika sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat.

Pelayanan maksimal Dukcapil sejauh ini tidak hanya menyasar wilayah kota dan sekitarnya saja namun terus berkomitmen hingga wilayah di pegunungan dan pesisir pantai.

Pada Hari ini, Selasa (27/8/2024) Tim Dukcapil dengan semangat pelayanan maksimal dan inovasi kembali mendatangi daerah yang selama ini kesulitan jaringan yakni di Distrik Mimika Timur Jauh.

Pelayanan Jemput Bola yang dilakukan Dukcapil Mimika bersama tim dari Dukcapil Kemendagri ini mendatangi dua kampung di distrik tersebut yakni Fanamo dan Omawita.

Karena tidak memiliki akses jaringan di wilayah tersebut maka Dukcapil Mimika menggunakan Jaringan Starlink untuk melakukan pelayanan adminduk secara mudah, gratis, cepat dan langsung cetak di tempat.

Kadistrik Mimika Timur, Jauh Yulius Katagame yang turut bersama mendampingi tim dalam pelayanan ini, sangat mengapresiasi terobosan Dukcapil Mimika.

“Sekarang masyarakat kami di pesisir tidak perlu jauh-jauh ke kota mengeluarkan biaya besar untuk transportasi dan lainnya. Semuanya KTP, KK, KIA, Akte Kelahiran dan bahkan KTP Digital bisa langsung di proses dan di cetak oleh Dukcapil langsung di tempat pelayanan di kampung meskipun di wilayah pedalamaan,” ungkapnya.

Ia mengatakan masyarakat sangat berterimakasih dengan pelayanan langsung ini. Antusias mereka juga sangat tinggi dilihat dari banyaknya warga yang hadir.

“Mereka berterimaksih kepada pemerintah daerah melalui Dukcapil atas layangan adminduk secara langsung ini. Rata-rata masyarakat mengurusi pergantian dokumen warga dari sebelumnya Papua ke Provinsi Papua Tengah,” jelasnya.

Perlu diketahui, terkait dengan Jaringan Starlink, jaringan ini merupakan layanan internet milik Elon Musk yang sudah diresmikan dan beroperasi di Indonesia pada Mei 2024.

Jaringan ini beroperasi menggunakan teknologi layanan internet berbasis satelit. Dalam pengiriman data, sistem satelit ini hanya menggunakan sinyal radio.

Kehadiran Jaringan Starlink sangat berdampak membantu pelayanan terhadap masyarakat di wilayah pesisir dan pegunungan yang selama ini tidak terkoneksi dengan internet. (Red)

Sumber :https://www.beritamimika.com/index.php/bm-politik/5086-gunakan-jaringan-starlink-disdukcapil-mimika-lakukan-pelayanan-adminduk-di-fanamo-dan-omawita

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?

  • Sangat Bermanfaat
  • Cukup Bermanfaat
  • Bermanfaat
  • Kurang Bermanfaat

Seberapa puas Anda terhadap kinerja layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Mimika?