Informasi

Disdukcapil Mimika Mulai Hari ini Buka Pelayanan di Gedung Baru

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika, Papua Tengah, mulai hari ini, Kamis (22/2/2024) melakukan pelayanan di gedung baru mereka yang berada di Jalan Cenderawasih Timika.

Sebelumnya, pada Selasa 20 Februari gedung tersebut telah diresmikan oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, bersamaan dengan 10 gedung baru lain yang dibangun Pemkab Mimika.

Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutedjo saat ditemui wartawan di lokasi kantor barunya mengatakan, pembangunan gedung baru ini merupakan bentuk komitmen dari Pemkab Mimika dan bupati serta wakilnya juga sekda untuk mendekatkan, meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khususnya dalam bidang Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Kita tahu ruangan (dulu yang digunakan Disdukcapil) sangat sempit dan tidak representatif meskipun begitu itu tidak mengurangi inovasi dan kinerja Dukcapil, dan alhamdulillah sekarang dibangun kantor baru yang mungkin termegah di Indonesia Timur,” terangnya.

Pun begitu, Slamet mengungkapkan pihaknya tidak ingin hanya berbangga dengan gedung baru ini yang fasilitasnya lengkap. Ia ingin dengan adanya fasilitas ini meningkat pula kinerja dan kualitas pelayanan Adminduk kepada masyarakat.

“Kita ingin membuat masyarakat nyaman, jadi masuk kantor itu tidak seperti masuk kantor, jadi mereka biar nyaman, duduk juga kita siapkan sofa, santai, rileks, kenyamanan yang utama, karena itu bagian dari pelayanan publik,” tuturnya.

Kendati sudah berkantor di wilayah kota, Slamet memaparkan layanan lain Dukcapil yang terhubung dengan distrik maupun kelurahan tetap akan berjalan. Sehingga masyarakat dapat memilih layanan mana yang terdekat dengan domisili mereka.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terus bertumpuk di kantor yang sudah di kota ini, semua yang di kelurahan dan kantor distrik masih berjalan,” jelasnya.

Slamet mengungkapkan, meski kantor saat ini berada di kota, bukan berarti masyakarat agar ke kota, justeru pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan hingga ke tingkat kelurahan.

“Justeru kita perkuat di distrik, itu konsep kita, jadi jangan masyarakat di dorong ke kota tetapi perkuat di distrik sehingga layanan di sana bisa terkoneksi dan terkolaborasi dengan Dukcapil, jadi adminduk bisa selesai di kantor distrik,” jelasnya.

Kantor baru Dukcapil ini terdiri dari tiga lantai dengan parkir bawah tanah, dilengkapi sejumlah ruang, yakni bermain anak, mushala, ruang laktasi bagi ibu menyusui, ruang untuk menikah catatan sipil lengkap dengan dekorasinya.

Menurut situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Mimika nilai pagu pembangunan gedung Disdukcapil Mimika tahap pertama menggunakan anggaran APBD tahun 2022 sebesar Rp19.187.675.000,00.

Selain layanan di kantor baru, layanan Dukcapil lain bisa diakses masyarakat di Distrik Mimika Baru, Distrik Wania, Distrik Kwamki Narama, Distrik Kuala Kencana, Distrik Tembagapura, Kampung Limau Asri, Distrik Iwaka, Kelurahan Sempan dan Kelurahan Kwamki, Dingo Narama, kemudian wilayah pesisir ada di Atuka dan Kokonao.

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?

  • Sangat Bermanfaat
  • Cukup Bermanfaat
  • Bermanfaat
  • Kurang Bermanfaat

Seberapa puas Anda terhadap kinerja layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Mimika?