Informasi

Disdukcapil Evaluasi Penggunaan Data Kependudukan di Mimika dengan OPD yang Diberi Hak Akses

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika menggelar kegiatan rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan penggunaan data kependudukan di Mimika. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Horison Diana Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (11/9/2023).

Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo mengatakan, rapat koordinasi ini dilakukan dengan lintas OPD meski tidak semua OPD diundang. OPD yang diundang telah mempunyai hak akses data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehingga hadir untuk melakukan evaluasi.

Hasilnya, kata Slamet, OPD yang terdiri dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pendidikan (Disdik) merespon pemanfaatan hak akses data kependudukan dengan sangat positif.

“Tadi kita evaluasi, alhamdulillah respon dari teman-teman (OPD) sangat luar biasa, sangat bermanfaat sekali. Contohnya di Bapenda, bisa untuk verifikasi data wajib pajak, terus kalau di Dinas Sosial untuk penanganan bantuan sosial sehingga bisa terverifikasi, sehingga mempercepat kerja-kerja OPD yang telah terkolaborasi,” paparnya.

Dengan adanya hak akses tersebut, data bisa diakses darimana saja untuk memudahkan kinerja OPD yang memiliki akses data center.

“Akses data center untuk OPD ini gratis dan bisa diakses darimana saja, untuk melakukan verifikasi bantuan atau data-data yang diperlukan. Tidak perlu lagi dilakukan secara manual dengan datang ke Disdukcapil seperti dulu,” terangnya.

Selain tiga OPD tersebut, Slamet menyebut kalau pihaknya pun mendorong agar beberapa OPD lainnya diusulkan mendapatkan hak mengakses data kependudukan dari Ditjen Kependudukan Kemendagri.

“Lagi persiapkan untuk beberapa OPD, yang mudah-mudahan tahun depan kita dorong lagi usulkan ke Disdukcapil Kemendagri diantaranya Dinkes, RSUD, Dinas Pemberdayaan Kampung dan Kominfo juga DPMPTSP Mimika,” katanya.

“Mudah-mudahan itu bisa kita rampungkan diakhir tahun ini, berkas-berkas administrasinya mudah-mudahan tahun depan bisa berproses untuk mendapat hak akses. Ini penting, karena sekali lagi untuk kerja-kerja yang sifatnya kepentingan publik dan kita mengedepankan kerja kolaboratif,” imbuhnya.

Sumber : https://seputarpapua.com/view/disdukcapil-evaluasi-penggunaan-data-kependudukan-di-mimika-dengan-opd-yang-diberi-hak-akses.html

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?

  • Sangat Bermanfaat
  • Cukup Bermanfaat
  • Bermanfaat
  • Kurang Bermanfaat

Seberapa puas Anda terhadap kinerja layanan DISDUKCAPIL Kabupaten Mimika?